Rabu, 29 Maret 2017

MEDIA KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN

MEDIA KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN

      


Dalam dunia pendidikan, komunikasi menjadi kunci yang cukup determinan dalam mencapai tujuan. Betapa pun pandai dan luas pengetahuan seorang guru kalau tidak mampu mengkomunikasikan pikiran, pengetahuan dan wawasannya tentu tidak akan mampu memberikan transformasi pengetahuannya pada para siswanya.
Sedangkan media komunikasi merupakan medium yang berguna sebagai perantara yang mengantar informasi dari sumber dan penerima. Contoh dari media komunikasi diantaranya, televisi, film, radio, foto, rekaman audio, gambar yang diproyeksikan, bahan-bahan cetakan.
Sedangkan media komunikasi dalam pendidikan dan pembelajaran diantaranya, media berbasis manusia, media berbasis cetakan, media berbasis visual, media berbasis Audio-Visual, media berbasis computer, dan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar.
Agar komunikasi antara guru dan siswa berlangsung baik dan informasi yang disampaikan guru dapat diterima siswa, guru perlu menggunakan media pembelajaran. Dalam konsep teknologi pendidikan,tugas media bukan hanya sekedar mengkomunikasikan hubungan antar sumber (pengajar) dan si penerima (si belajar), namun lebih dari itumerupakan bagian yang integral dan saling mempunyai keterkaitan antara komponen yang satu dengan yang lainnya, saling berinteraksi dan saling mempengaruhi.
Adapun manfaat media komunikasi dalam  pendidikan sebagai berikut:
1.Memberikan Pengetahuan tentang tujuan belajar
2.Memotivasi siswa
3.Menyajikan informasi
4.Merangsang diskusi
5.Mengarahkan Kegiatan Siswa
6.Pelaksanaan latihan dan ulangan
7.Menguatkan belajar
8.Memberikan pengalaman simulasi

Dirangkum dari:
Naim, Ngainun. 2011. Dasar-dasar Komunikasi Pendidikan. Jogjakarta:  Ar-ruzz Media.
Nurul Huda, M., dan Purwowidodo, Agus. 2013.  Komunikasi Pendidikan. Surabaya: Acia Publishing.
Suwarna, dkk. 2005. Pengajaran Mikro. Yogyakarta: Tiara Wacana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar